Syarat & Ketentuan

Untuk membantu semua pengguna doomo memahami layanan, manfaat, dan hadiah program doomo, Syarat dan Ketentuan berikut ini telah disiapkan sebagai referensi.

Ketika Anda menggunakan doomo, Anda mempercayai Kami, PT PAM DIGITAL TEKNOLOGI (“doomo” atau “Kami”), dengan uang dan informasi Anda. Penting bagi Kami untuk menjaga kepercayaan Anda. Dokumen “Syarat dan Ketentuan” ini berlaku untuk semua pengguna doomo yang telah mendaftar dan mengirimkan data individu (seperti nama lengkap, nomor telepon, email, dll) melalui aplikasi doomo. Ketentuan ini berlaku untuk semua pengguna yang mengakses dan/atau menggunakan sebagian atau seluruh layanan yang tersedia di doomo, dan masalah uang/dompet elektronik oleh Kami bersama dengan layanan terkaitnya, yang disediakan melalui aplikasi doomo atau mitra platform resmi lainnya. melalui mana sebagian dari semua fitur doomo dapat diakses (“Mitra Platform Resmi”), dan kepada setiap orang yang memberikan informasi kepada Kami atau kepada Mitra Platform Resmi sehubungan dengan suatu atau semua layanan doomo. “doomo” dapat mengubah aturan, ketentuan, manfaat, atau hadiah yang berkaitan dengan aplikasi dan program kapan saja tanpa pemberitahuan.

1. Registrasi Akun

a. Anda dapat membuat akun doomo secara otomatis dengan mendaftarkan diri untuk akun doomo. Anda perlu memberikan informasi yang valid, akurat, dan terbaru tentang diri Anda saat membuat akun doomo.

b. Anda perlu memahami bahwa detail informasi login Anda, termasuk detail login ke aplikasi doomo Anda bersifat rahasia dan oleh karena itu Anda tidak akan mengungkapkan detail informasi login Anda kepada pihak ketiga mana pun, termasuk sandi rahasia dan/atau kode verifikasi dalam bentuk One Time Password (OTP) yang dapat dikirimkan melalui Short Messaging Service (SMS) ke nomor telepon Anda yang terdaftar setiap kali ada percobaan login ke akun Anda. Password rahasia dan/atau kode verifikasi (termasuk OTP) hanya akan diminta secara resmi melalui dan hanya akan dikirimkan oleh Anda ke aplikasi doomo Anda. Kami atau staf Kami tidak akan pernah meminta kata sandi rahasia Anda dan/atau kode verifikasi dalam bentuk apa pun (termasuk OTP) dengan cara apa pun. Anda setuju untuk menanggung semua risiko yang berkaitan dengan pengungkapan informasi Anda kepada Kami dan/atau pihak ketiga mana pun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang terkait dengan hal tersebut. Setiap pengiriman OTP terverifikasi dari akun Anda saat login ke aplikasi doomo atau Mitra Platform Resmi lainnya akan dianggap benar dan sebagai login resmi.

c. Registrasi akun doomo hanya dapat dilakukan oleh Anda sendiri sebagai subjek hukum. Anda menyatakan dan menjamin bahwa registrasi akun doomo Anda dilakukan oleh Anda untuk kepentingan Anda sendiri, bukan untuk kepentingan pihak lainnya manapun, termasuk badan hukum dan/atau usaha manapun. Kami berhak menolak registrasi yang Anda lakukan atas akun doomo untuk kepentingan pihak manapun selain Anda, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun.

d. Setiap data yang dikirimkan Anda kepada Kami untuk pendaftaran akun adalah data Anda sendiri. Setiap pendaftaran dari akun tersebut akan dianggap sebagai pendaftaran yang sah dari akun tersebut.

e. Kami dapat menyediakan bagi Anda layanan untuk mengakses akun doomo Anda melalui Mitra Platform Resmi. Dalam hal Anda bermaksud untuk mengakses akun doomo Anda melalui Mitra Platform Resmi, Anda dapat diminta menyampaikan kode verifikasi melalui aplikasi sebagai bukti penguasaan atas akun doomo Anda, dimana penyampaian kode verifikasi tersebut dianggap sebagai penyetujuan Anda atas tindakan Kami untuk menyampaikan informasi yang diperlukan kepada Mitra Platform Resmi agar Anda dapat mengakses akun doomo Anda melalui Mitra Platform Resmi.

2. Informasi Pribadi

a. Anda setuju bahwa pengumpulan, pemanfaatan, dan penyerahan data yang Anda sampaikan kepada Kami, termasuk melalui aplikasi doomo dan/atau Mitra Platform Resmi, dan data yang Kami kumpulkan sehubungan dengan penyediaan layanan Kami kepada Anda, termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi Anda, harus tunduk pada kebijakan privasi yang berlaku dalam aplikasi doomo (https://www.doomo.id/kebijakan-privasi/) (“Kebijakan Privasi Kami”).

b. Anda memahami bahwa ketika Anda melakukan pendaftaran akun doomo Anda, mengakses dan/atau menggunakan fitur doomo, melalui aplikasi doomo dan/atau Mitra Platform Resmi, Anda mengungkapkan data dan informasi pribadi Anda kepada Kami, afiliasi Kami, doomo dan/atau Mitra Platform Resmi tersebut, sebagaimana yang terkait, Anda juga setuju bahwa akan ada pengungkapan informasi atau data pribadi Anda antara doomo dan pihak-pihak tersebut untuk mendukung layanan Kami kepada Anda. Anda memahami bahwa berbagi data ini diperlukan untuk mendukung dan meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan fitur doomo dan dengan ini Anda menyetujui pembagian data tersebut. Anda juga memahami bahwa kebijakan privasi dari Mitra Platform Resmi tersebut dapat berlaku terkait dengan pengumpulan, pemanfaatan, dan penyerahan data Anda melalui Mitra Platform resmi tersebut. Kami menganjurkan Anda untuk membaca dan meninjau kebijakan privasi yang terkait secara keseluruhan.

c. Tanpa mengurangi ketentuan dalam kebijakan privasi yang berlaku, sebagai bagian dari upaya untuk menjaga informasi di akun doomo Anda selalu aktual, Anda perlu untuk segera menyampaikan kepada Kami perubahan atas informasi dan data pribadi yang telah Anda sampaikan sebelumnya beserta bukti pendukungnya, termasuk namun tidak terbatas pada alamat surat elektronik (alamat e-mail), nomor telepon seluler yang Anda daftarkan pada saat pembukaan akun doomo dan/atau dokumen lainnya yang Anda sampaikan dalam proses pengajuan sebagai pengguna doomo terverifikasi.

d. Pengajuan dokumen atau informasi kepada Kami, termasuk namun tidak terbatas pada dokumen atau informasi saat registrasi atau saat memberikan komentar pada layanan Kami di halaman ulasan, merupakan persetujuan Anda atas pengumpulan, penggunaan, dan/atau pengungkapan oleh Kami atas informasi pribadi yang Anda sampaikan, sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

e. “doomo” berhak untuk meminta informasi tambahan dari Anda, selain yang disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan ini, untuk memungkinkan Kami mematuhi kewajiban anti pencucian uang. Anda setuju untuk mematuhi permintaan Kami, dalam bentuk apa pun atas kebijakan Kami, atas biaya Anda sendiri, untuk informasi lebih lanjut yang Kami perlukan secara wajar untuk memungkinkan Kami mematuhi kewajiban anti-pencucian uang. Meyimpang dari ketentuan lain bedasarkan Ketentuan ini, informasi tambahan apa pun yang Anda berikan atas permintaan Kami akan dianggap sebagai informasi yang sepenuhnya diberikan oleh Anda dan Kami tidak bertanggung jawab atas keakuratannya. Setiap informasi yang Anda berikan harus aktual dan akurat.

f. Kami tidak akan mengungkapkan informasi pribadi Anda kepada pihak manapun yang tidak bersangkutan, kecuali sebagaimana yang diizinkan berdasarkan Ketentuan, Kebijakan Privasi Kami, dan/atau berdasarkan peraturan Perundang-undangan termasuk namum tidak terbatas pada pengungkapan informasi pribadi Anda.

3. Persetujuan
    1. Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah individu yang sah secara hukum untuk terikat dalam perjanjian berdasarkan hukum Repulik Indonesia, secara khusus terikat dalam Ketentuan ini, untuk menggunakan doomo dan semua fiturnya dan bahwa Anda berusia minimal 18 tahun dengan tanda pengenal yang sah, atau telah menikah dan tidak berada di bawah perwalian.

b. Anda melepaskan setiap hak bedasarkan hukum untuk membatalkan atau mencabut setiap dan semua persetujuan yang telah Anda berikan bedasarkan Ketentuan ini ketika Anda dianggap sebagai orang dewasa menurut hukum.

4. Pengisian (Top-up)

a. Pengisian (top-up) saldo akun doomo Anda dapat dilakukan melalui kanal yang Kami dan/atau mitra Kami sediakan, termasuk melalui kanal bank-bank tertentu atau saluran pihak ketiga lain yang Kami informasikan. Layanan ini dapat dikenakan biaya tertentu yang mana dapat berbeda tergantung dari setiap kanal.

b. Anda memahami bahwa top-up yang dilakukan melalui Mitra Platform Resmi atau kanal pihak ketiga dapat mengalami gangguan system dan/atau jaringan dari waktu ke waktu dari sisi Mitra Platform Resmi dan/atau pihak ketiga lainnya. Kami tidak bertanggung jawab atas gangguan tersebut.

c. Kami dapat menetapkan nilai minimal penarikan yang dapat Anda otorisasi untuk setiap penarikan. Kami akan menginformasikan dari waktu ke waktu nilai minimal penarikan tersebut yang berlaku.

d. Setiap kendala dan/atau kerugian yang timbul terkait dengan top-up dan/atau penarikan karena kegagalan sistem Mitra Platform Resmi atau sistem pihak ketiga lainnya tidak akan menjadi tanggung jawab Kami. Namun, jika Kami menerima keluhan dari Anda tentang masalah tersebut, maka kami dapat, bedasarkan kebijaksanaan Kami, meneruskan keluhan Anda kepada Mitra Platform Resmi tersebut atau kepada pihak ketiga untuk tindak lanjutnya.

e. Saldo doomo Anda hanya akan digunakan untuk memenuhi kewajiban kepada Anda dan pedagang (merchant). Saldo doomo Anda tidak akan digunakan untuk membiayai kegiatan yang bukan merupakan kewajiban Kami kepada Anda dan pedagang (merchant).

5. Batasan Saldo dan Transaksi

a. Akun Anda yang tidak terverifikasi dibatasi jumlah saldo akun doomo sebesar: (a) Rp. 2.000.000.- (dua juta Rupiah); atau (b) jumlah lain yang lebih kecil sebagaimana yang Kami tentukan.

c. Transaksi bulanan akun doomo Anda yang bersifat incoming (masuk) tidak dapat melebihi Rp. 20.000.000.- (dua puluh juta Rupiah) per bulan kalender.

d. Jika saldo atau transaksi bulanan akun doomo Anda melebihi batas tersebut, Kami berhak melakukan verifikasi sebelum melakukan tindakan lebih lanjut, termasuk namun tidak terbatas pada tidak menjalankan perintah transaksi yang Anda sampaikan.

e. Kami perlu Anda memahami bahwa Kami bukan bank. Saldo akun doomo Anda bukan merupakan tabungan bedasarkan pengertian hukum yang berkaitan dengan perbankan, tidak tunduk pada program perlindungan oleh Lembaga Penjamin Simpanan dan tidak berhak atas setiap fitur yang umumnya melekat pada suatu rekening bank (seperti bunga, dsb).

6. Penggunaan

a. Anda dapat mengakses akun doomo Anda melalui aplikasi doomo dan/atau melalui Mitra Platform Resmi. Jika Anda mangakses akun doomo Anda melalui Mitra Platform Resmi, maka Anda perlu membaca syarat dan ketentuan dari Mitra Paltform resmi yang terkait dan memastikan keamanan dan keandalan sistem Mitra Platform Resmi tersebut. Anda mengakui dan menyetujui bahwa Kami tidak bertanggung jawab mengenai keamanan dan keandalan sistem Mitra Platform Resmi.

b. Saldo doomo Anda dapat digunakan seluruhnya sampai bersaldo nihil tunduk pada Ketentuan ini.

c. Cara penggunaan dan/atau pembayaran dapat berubah dan/atau bertambah dari waktu ke waktu, sebagaimana Kami informasikan. Perubahan dan/atau penambahan tersebut dapat menyebabkan suatu kebutuhan untuk dilakukannya update aplikasi doomo Anda dan/atau aplikasi Mitra Platform Resmi.

d. Saldo akun doomo Anda akan dikurangi secara otomatis dengan jumlah yang dimasukkan atau dikonfirmasi oleh Anda untuk pembayaran terkait, selama saldo akun doomo Anda mencukupi. Jika saldo akun doomo Anda tidak mencukupi pembayaran terkait, Kami dapat menolak memproses pembayaran Anda.

e. Transaksi yang telah Anda konfirmasi dan Kami proses, tidak dapat dibatalkan. Kami memiliki hak sepenuhnya untuk menguji dan memutuskan permintaan pembatalan bedasarkan tinjauan kasus per kasus.

f. Jika Anda meminta pengembalian uang, maka klaim pengembalian uang tersebut dapat disampaikan langsung kepada pedagang (merchant) yang bersangkutan atau kepada Mitra Platform Resmi. Selain itu, Anda dapat menyampaikan klaim pengembalian uang kepada Kami selambat-lambatnya dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender sejak tanggal transaksi dengan menyampaikan bukti pendukung yang cukup. Dalam hal demikian, Kami akan memproses pengembalian uang bedasarkan hasil tinjauan Kami atas klaim tersebut.

g. Anda memahami bahwa Kami merupakan penyelenggara jasa sistem pembayaran. Doomo tidak memiliki kontrol atau memikul tanggung jawab ataupun legalitas atas barang atau jasa yang dibayar dengan layanan Kami. Setiap keluhan dan/atau klaim terkait barang dan/atau jasa yang disediakan oleh Mitra Platform Resmi atau pihak ketiga lainnya wajib Anda sampaikan secara langsung kepada pihak ketiga atau Mitra Platform Resmi yang terkait.

h. Kami perlu Anda mengerti bahwa penggunaan akun doomo dan/atau layanan doomo Anda merupakan tanggung jawab pribadi Anda. Jangan memberi akses atau membiarkan orang lain untuk mengakses akun doomo Anda. Anda setuju bahwa setiap perintah transaksi yang dibuat melalui akun doomo Anda dari aplikasi doomo atau Mitra Platform Resmi manapun akan dianggap telah di otorisasi oleh Anda dan oleh karenanya merupakan perintah transaksi dari Anda. Kami tidak bisa dan tidak akan bisa dimintakan pertanggungjawaban atas setiap kerugian atau klaim yang timbul karena penggunaan Anda atas akun doomo dan/atau layanan doomo yang dilakukan dengan melanggar Ketentuan ini.

7. Otentikasi

a. Sebagai bagian dari upaya Kami untuk menjaga keamanan akun doomo Anda, Anda perlu untuk mendaftarkan enam urut angka sebagai kode Nomor Identifikasi Pribadi (Personal Identification Number/PIN) untuk otentikasi akun doomo Anda.

b. Kode PIN Anda akan diperlukan untuk pembayaran dan/atau pemanfaatan fitur-fitur tertentu yang Kami tetapkan.

c. Anda wajib untuk menjaga kerahasiaan kode PIN Anda. Kerugian yang timbul akibat kegagalan anda untuk menjaga kerahasiaan kode PIN Anda merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya. Setiap pengiriman kode PIN yang diverifikasi dari akun Anda akan dianggap sebagai transaki dan/atau aktivitas yang sah.

d. Untuk mengatur ulang kode PIN atau metode otentikasi lain yang berlaku, Anda perlu melakukan verifikasi dengan memasukan Kode Sandi Sekali Pakai (One Time Password/OTP), yang dikirim melalui SMS ke nomer telepon Anda yang terdaftar, pada aplikasi doomo atau Mitra Paltform Resmi yang terkait. Kami dan Staf Kami tidak pernah menanyakan OTP ini. Anda setuju untuk menanggung semua risiko yang terkait dengan pengungkapan OTP ini kepada pihak ketiga manapun dan untuk sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap konsekuensi yang terkait dengan hal
tersebut.

e. Kami dapat menyediakan metode otentikasi lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada otorisasi sidik jari dan/atau pengenalan wajah yang dimungkinkan oleh perangkat Anda. Anda harus mengikuti alur pendaftaran atas faktor yang dapat dikenali, sebagaimana relevan (seperti sidik ajari untuk otentikasi sidik jari dan/atau gambar wajah real-time untuk pengenalan wajah) sebagaimana ditentukan oleh Kami, jika Anda ingin mengaktifkan metode otentikasi tersebut. Metode otentikasi ini dapat memerlukan kode PIN sebelum aktivasinya.

f. Faktor otentikasi yang dapat dikenal dapat disimpan dan diverifikasi oleh Kami atau oleh pihak ketiga (seperti perangkat yang Anda gunakan, sesuai izin Anda). Setiap klaim yang terkait dengan menyimpanan dan/atau verifikasi faktor yang dapat dikenali oleh pihak ketiga (seperti perangkat yang Anda gunakan) bukan merupakan tanggung jawab Kami. Namun demikian, Kami akan melakukan usaha yang wajar untuk meminimalisir risiko yang dapat Kami identifikasi, yang mungkin timbul atas aktivasi dan/atau penggunaan factor otentikasi.

g. Jika Anda mengakses akun doomo Anda melalui Mitra Platform Resmi, maka Mitra Platform Resmi tersebut dapat membuat metode otentikasi sendiri. Kami tidak bertanggung jawab terkait dengan metode otentikasi dari Mitra Platform Resmi tersebut.

8. Promosi

a. Kami dapat menawarkan manfaat promosi dan/atau insentif atas penggunaan doomo dalam hal mana Ketentuan Penggunaan doomo ini dan syarat dan ketentuan khusus terkait setiap promosi dan/atau insentif yang relevan akan berlaku terhadap penawaran manfaat promosi dan/atau insentif tersebut.

b. Syarat dan Ketentuan khusus terkait setiap program promosi dan/atau insentif akan kami sediakan melalui media yang dapat di akses secara public.

c. Anda berhak menentukan persyaratan yang berlaku atas setiap program promosi dan/atau insentif serta menentukan kelayakan keikutsertaan setiap pengguna dan/atau rekan usaha dalam setiap program promosi dan/atau insentif.

d. Kami berhak mengubah dan/atau menghentikan program promosi dan/atau insentif sewaktu-waktu serta menahan, membatalkan dan/atau menarik kembali manfaat promosi dan/atau insentif termasuk dalam hal pemberian manfaat promosi dan/atau insentif tidak dapat dilaksanakan karena pembatasan bedasarkan ketentuan yang berlaku, terdapat pembatalan transaksi terkait, ditemukan tindakan penyalahgunaan (abusive), kecurangan (fraudulent) dan/atau aktivitas mencurigakan lainnya.

9. Pemblokiran Akun

a. Atas permintaan Anda, Kami akan memblokir akun doomo Anda dan penggunaan layanan doomo dengan akun doomo Anda. Selain itu, jika menurut pertimbangan Kami, terjadi hal-hal yang merugikan dan/atau dapat merugikan Kami atau Anda atau pihak ketiga lainnya, Kami juga akan melakukan pemblokiran tersebut. Namun demikian, Kami menyediakan jalur pengajuan keluhan bagi Anda untuk menghentikan pemblokiran tersebut.

b. Pemblokiran akun dapat terjadi termasuk karena, namun tidak terbatas pada, kejadian-kejadian berikut ini:

      i. Laporan Anda bahwa telepon selular Anda hilang atau telah dicuri atau diretas;

      ii. Perintah pemblokiran yang diterbitkan oleh institusi pemerintah atau moneter atau bedasarkan perintah pengadilan;

     iii. Penggunaan akun doomo dan/atau layanan doomo Anda dengan cara yang bertentangan dengan Ketentuan ini, ketentuan penggunaan aplikasi doomo, syarat dan ketentuan lain yang berlaku untuk fitur atau layanan lain dalam aplikasi doomo, Kebijakan Privasi Kami dan setiap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada penipuan, penggunaan dokumen palsu;

      iv. Alasan lain yang merugikan Anda atau Kami, termasuk tindakan curang dan tindakan penipuan; atau

      v. Ketika sistem Kami menangkap pola transaksi keuangan yang mencurigakan.

c. Jika akun doomo Anda diblokir dan Anda memiliki bukti yang kuat bahwa tidak ada hal mencurigakan yang terjadi, Anda dapat mengajukan keluhan Anda sesuai dengan yang tertera pada Ketentuan ini. Setelah memeriksa keluhan Anda, Kami dapat menentukan untuk mengakhiri atau melanjutkan pemblokiran akun doomo Anda. Pemblokiran tidak akan diteruskan secara tidak wajar apabila Kami memutuskan bahwa hal-hal yang mengakibatkan terjadinya pemblokiran telah berakhir.

d. Setiap saat Kami memiliki keleluasaan penuh untuk menonaktifkan sementara atau secara permanen akses Anda ke akun doomo Anda pada Mitra Platform Resmi manapun dan/atau sebagian atau semua fitur dan layanan doomo pada Mitra Platform Resmi manapun.

10. Penutupan Akun
  1. Akun doomo Anda dapat ditutup karena hal-hal sebagai berikut:
    1. Permintaan oleh Anda;
    2. Kebijakan Kami bedasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    3. Keadaan kahar terjadi selama 3 (tiga) bulan atau lebih secara berturut-turut; dan/atau
    4. Alasan lain sehubungan dengan pemblokiran akun.

b. Kami akan mengembalikan sisa saldo akun doomo Anda melalui metode yang telah Kami tentukan, setelah dikurangi dengan biaya-biaya yang timbul (termasuk namun tidak terbatas pada jumlah minimum transfer dan biaya transfer antar bank berdasarkan kebijakan yang berlaku pada masing-masing perbankan), termasuk apabila berdasarkan pertimbangan Kami diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari saldo doomo Anda, antara lain dikarenakan keyakinan yang wajar bahwa bagian tersebut berhubungan dengan atau disebabkan oleh penipuan, penyalahgunaan dan/atau tindak pelanggaran hukum lainnya.

c. Akun doomo Anda dapat diakhiri secara otomatis atau dinonaktifkan sementara waktu ketika Anda mengakihiri atau menonaktifkan akun doomo Anda.

11. Akun Non Aktif

Akun doomo Anda akan dianggap non aktif (“Akun Non Aktif”) dalam hal tidak terdapat transaksi dalam waktu 365 (tiga ratus enam puluh lima) hari kalender berturut-turut. Untuk kepentingan ketentuan ini, “transaksi” berarti penyelesaian transaksi atas setiap layanan di aplikasi doomo dan/atau transaksi debit atau kredit dari akun doomo Anda, sebagaimana diinstruksikan oleh Anda. Kami mencadangkan hak Kami untuk secara sementara menghentikan dan/atau membatasi layanan doomo tertentu di dan/atau akses Anda ke Akun Non aktif, dan/atau secara permanen menutup Akun Non Aktif dalam hal tidak terdapat kewajiban terutang antara Anda dan Kami.

12. Penolakan Transaksi

Kami dapat menolak transaksi yang dilakukan oleh Anda jika sistem Kami menangkap pola transaksi mencurigakan, jika Anda melanggar sebagian atau seluruh Ketentuan ini dan/atau melanggar ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

13. Biaya

Dalam penggunaan akun doomo dan/atau layanan doomo di aplikasi doomo atau di Mitra Platform Resmi, maka Anda dapat dikenakan biaya, termasuk namun tidak terbatas pada biaya pengisian (top-up), dan/atau biaya transaksi yang dilakukan melalui saluran Mitra Platform Resmi, pihak ketiga, sebagaimana yang dapat ditetapkan oleh Kami, Mitra Platform Resmi dan/atau pihak ketiga tersebut lainnya yang terkait, atau biaya atas pengaktifan kembali akun doomo yang telah dinonaktifkan. Jumlah biaya yang dikenakan oleh doomo mungkin berbeda dan akan diinformasikan kepada Anda dari waktu ke waktu.

14. Tanggung Jawab dan Kewajiban Anda

Sebagai tambahan dari tanggung jawab Anda yang diatur dalam bagian lain dari Ketentuan ini, Anda bertanggung jawab atas:

a. Keamanan dan kepemilikan telepon seluler atau perangkat lainnya dari Anda yang digunakan untuk mengakses akun doomo Anda termasuk dengan secara wajar menjaga dan menyediakan sumber penyimpanan yang cukup untuk mencegah kegagalan atau gangguan atas setiap proses layanan doomo yang disebabkan oleh kegagalan fungsi telepon seluler atau perangkat lainnya dari Anda.

b. Keamanan dan validitas nomor telepon seluler Anda yang Anda daftarkan untuk mengakses akun doomo, karenanya Kami tidak bertanggung jawab atas setiap klaim yang timbul jika nomor telepon seluler yang Anda daftarkan dikuasai oleh pihak lain, menjadi tidak aktif bedasarkan kebijakan perusahaan telekomunikasi dan/atau menjadi terbengkalai.

c. Kerahasiaan OTP yang dikirim kepada Anda, kode PIN yang ditetapkan oleh Anda dan/atau setiap kode verifikasi lainnya yang sepatutnya dikuasai hanya oleh Anda.

d. Setiap transaksi melalui akun doomo Anda. Anda wajib berhati-hati ketika menggunakan akun doomo Anda dan/atau layanan doomo, termasuk namun tidak terbatas pada ketika memilih menu transaksi, tujuan pembayaran, memasukkan nilai pembayaran dan lain sebagainya. Anda akan memastikan bahwa Anda hanya akan mengikuti instruksi transaksi yang diterbitkan oleh doomo sesuai transaksi yang Anda setujui; dan Setiap kerugian, klaim, tuntutan dan/atau biaya yang timbul, termasuk dari pihak lain kepada Kami, yang timbul karena pelanggaran terhadap Ketentuan ini, kelalaian Anda dalam menggunakan akun doomo, layanan doomo, fitur doomo dalam aplikasi doomo dan/atau Mitra Platform Resmi manapun, termasuk namun tidak terbatas pada yang dikarenakan oleh ketidakhati-hatian dalam bertindak, kecerobohan atau penyalahgunaan akun doomo dan/atau layanan doomo oleh Anda atau pihak lain yang menggunakan akun doomo Anda.

    15. Tanggung Jawab Kami

    a. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian tidak langsung dan immaterial, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang Anda atau pihak ketiga alami.

    b. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang Anda atau pihak ketiga alami karena kesalahan Anda atau pihak ketiga selain Kami, termasuk pelaku usaha dan mitra yang menyediakan kanal pengisian (top-up).

    c. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang terjadi karena kegagalan sistem dari Mitra Platform Resmi, legalitas barang dan/atau layanan yang disediakan dalam Mitra Platform Resmi, juga keselamatan dan keamanan transaksi Anda yang terjadi di Mitra Platform Resmi.

    d. Kami hanya bertanggung jawab atas kerugian langsung, yakni jumlah yang seharusnya dibayar, yang timbul atau sehubungan dengan penggunaan akun doomo Anda, yang dapat dibuktikan terjadi karena kesalahan Kami atau pelanggaran Kami atas Ketentuan ini. Dalam setiap hal apapun, maksimal tanggung jawab Kami hanya terbatas pada jumlah saldo terakhir doomo Anda yang ada di sistem Kami atau Rp. 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah), mana yang lebih rendah.

    16. Ganti Rugi

    Dengan mendaftar dan menggunakan akun doomo dan layanan doomo, Anda setuju untuk membebaskan Kami, pihak yang memberi license kepada Kami, afiliasi Kami dan setiap pegawai, direktur, komisaris, karyawan, wakil dana gen Kami, dari dan terhadap setiap dan seluruh klaim, biaya, kerusakan, kerugian, tanggung jawab dan pengeluaran (termasuk biaya advokat) yang timbul atau sehubungan dengan:

    a. Pelanggaran Anda atas Ketentuan ini atau ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang direferensikan atau yang tidak direferensikan dalam Ketentuan ini

    b. Pelanggaran Anda atas hak Pihak ketiga lainnya sehubungan dengan doomo dan/atau layanan doomo

    c. Setiap penggunaan atau penyalahgunaan doomo dan/atau layanan doomo oleh Anda atau pihak lain menggunakan akun Anda;

    d. Setiap kesalahan yang dilakukan oleh pihak selain Kami, baik yang disengaja maupun berupa kelalaian; atau

    e. Pemblokiran akun doomo Anda bedasarkan hal-hal yang diatur dalam Ketentuan ini.
    Ketentuan ganti rugi ini akan tetap berlaku walaupun akun doomo Anda ditutup.

    17. Permasalahan dan Keluhan

    a. Kami melakukan usaha terbaik untuk menjaga keamanan sistem, termasuk sistem pencatatan transaksi Anda secara elektronik di server Kami. Data dan saldo dan/atau sejarah transaksi yang dicatat di sistem Kami merupakan data dan saldo dan/atau sejarah transaksi yang final dan mengikat Kami dan Anda.

    b. Kami memberlakukan standar keamanan yang wajar untuk melindungi data Anda yang sedang dalam proses pengiriman, ketika disimpan dan penggunaan Anda atas akun doomo dan/atau layanan doomo. Meskipun demikian, Kami handak menekankan kepada Anda bahwa tidak ada sistem yang tidak dapat ditembus dan hal ini dapat berakibat pada meningkatnya risiko atas informasi Anda dan penggunaan akun doomo dan/atau layanan doomo. Oleh karenanya, sejauh dimungkinkan bedasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Anda setuju untuk melapaskan Kami dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan virus, kerusakan, gangguan, bentuk lain dari gangguan sistem yang diakibatkan oleh pihak selain Kami atau akses tanpa otorisasi yang dilakukan oleh pihak ketiga dengan itikad tidak baik. Kami menganjurkan Anda untuk memberitahu Kami segera jika Anda mengalami gangguan sistem apapun sebagaimana disebutkan di atas sehingga Kami dapat berusaha
    memperbaiki gangguan tersebut.

    c. Anda setuju untuk tidak merusak, mengubah atau memodifikasi sistem doomo atau mencoba merusak, mengubah atau memodifikasinya dengan cara apapun. 

    d. Kami berhak untuk melarang Anda menggunakan layanan doomo dalam aplikasi dooo atau Mitra Platform Resmi manapun jika Anda menggunakan dengan perangkat yang tidak memadai atau perangkat yang tidak terotorisasi atau untuk tujuan lain sebagaimana layanan doomo dimaksudkan untuk digunakan.

    e. Kami perlu Anda memahami bahwa dalam hal pengisian (top-up), dan/atau transfer melalui pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada Mitra Platform Resmi, bank tertentu dan/atau saluran lainnya apapun, terdapat kemungkinan kegagalan sistem dari pihak ketiga tersebut. Kami tidak bertanggung jawab atas masalah ini.

    f. Jika telepon seluler dan/atau perangkat lainnya dari Anda hilang, dicuri dan/atau diretas, mohon segara memberitahu Kami melalui akun e-mail yang terdaftar di akun doomo Anda atau melalui telepon ke Customer Service doomo. Jika terjadi transaksi setelah telepon seluler dan/atau perangkat lainnya Anda hilang, dicuri dan/atau diretas, namun Anda belum memberitahukan kepada Kami dengan cara demikian, maka pembayaran yang terjadi dianggap sah.

    g. Jika Anda memiliki pertanyaan, permintaan, keluhan atau kepentingan penyampaian informasi apapun terkait fitur doomo, Anda dapat menyampaikannya melalui kanal yang Kami sediakan seperti :
    • Email : cs@doomo.id
    • Instagram : @doomo.id
    • Whatsapp : +62 822 9944 2342
    • Call center : +62 811 888 4332

    Waktu operasional Customer Service doomo yakni pada pukul 09.00 sampai dengan 17.30 WIB.

    Untuk merespon pertanyaan atau keluhan Anda, Kami akan terlebih dahulu melakukan verifikasi atas data Anda. Kami berhak untuk menolak pemrosesan pertanyaan atau keluhan, jika data Anda tidak sesuai dengan data yang tertera di sistem Kami.

    Kami akan memeriksa atau melakukan verifikasi keluhan Anda dan menyampaikan respon Kami sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di Perusahaan Kami setelah memperoleh penyampaian keluhan yang lengkap dari Anda.

    18. Koreksi

    a. Dalam hal menurut catatan Kami terjadi kesalahan dalam transaksi, maka Kami dapat melakukan koreksi terhadap saldo doomo Anda. Kami tidak akan melakukan koreksi terhadap saldo doomo Anda tanpa bukti atau dasar yang kuat adanya kesalahan dalam transaksi. Anda dapat menyampaikan permintaan koreksi kepada Kami melalui jalur yang Kami sediakan. Kami akan melakukan tinjauan dan memutuskan bedasarkan kasus per kasus.

    b. Sehubungan dengan kepentingan koreksi sebagaimana disebutkan di atas, Anda dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat ditarik kembali kepada Kami untuk mendebet dan/atau mengkredit saldo doomo Anda. Kuasa sebagaimana dimaksud akan terus berlaku dan tidak dapat berakhir karena alasan apapun juga termasuk karena alasan-alasan sebagaimana diatur dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, kecuali Anda menutup akun Anda.

    19. Keadaan Kahar (Force Majeure)

    Layanan Kami dapat diinterupsi oleh kejadian atau hal tertentu di luar kewenangan dan kontrol Kami (Keadaan Kahar), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan hal-hal lainnya yang di luar kewenangan dan kontrol Kami. Anda oleh karenanya setuju untuk melapaskan Kami dari setiap klaim, jika Kami tidak dapat memenuhi instruksi Anda melalui akun doomo baik sebagian maupun seluruhnya karena Keadaan Kahar.

    20. Bahasa

    Ketentuan ini dibuat dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dalam hal terjadi ketidakkonsistenan antara versi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, maka versi Bahasa Indonesia yang berlaku.

    21. Pengalihan

    Anda menjamin bahwa penggunaan akun doomo hanya digunakan oleh Anda dan untuk kepentingan Anda sendiri sebagai pemegang akun sesuai dengan Ketentuan ini. Anda tidak boleh mengalihkan hak Anda bedasarkan Ketentuan ini tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami. Jika ada pihak lain yang manggunakan akun Anda dan/atau jika ada pihak lain yang bertindak sebagai penerima manfaat (Beneficial Owner) akun Anda selain Anda, maka Anda wajib melaporkan kepada Kami. JIka tidak ada pelaporan dari Anda mengenai pihak lain sebagai penerima manfaat atau Beneficial Owner maka Anda memberikan jaminan bahwa Anda adalah satu-satunya penerima manfaat atau Beneficial Owner dari akun Anda.

    22. Hukum yang Mengatur

    Ketentuan ini diatur bedasarkan hukum Republik Indonesia. Setiap dan seluruh peselisihan yang timbul dari penggunaan layanan Kami akan tunduk pada hukum yang berlaku di Republik Indonesia sehubungan dengan masalah tersebut bedasarkan kasus per kasus.

    23. Perubahan

    Ketentuan ini, sebagian atau seluruhnya termasuk setiap fitur atau layanan yang ditawarkan dalam akun doomo, dapat dimodifikasi, ditambahkan, atau diubah dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan Kami yang akan kami informasikan melalui notifikasi aplikasi dan/atau media informasi lainnya kepada Anda paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum adanya perubahan/pembaruan fitur atau layanan tersebut. Jika Anda ingin menolak modifikasi, variasi dan/atau perubahan tersebut, maka anda dapat mengakhiri akses penggunaan doomo dan/atau layanan Kami dengan menghubungi Customer Service doomo dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja setelah pemberitahuan. Bilamana dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja setelah pemberitahuan, Anda tidak memberikan tanggapan maka akan dianggap menyetujui perubahan/pembaruan fitur atau layanan tersebut.

    Penggunaan Anda atas akun doomo dan/atau layanan doomo menandakan persetujuan Anda untuk tunduk pada (i) Ketentuan ini; (ii) syarat dan ketentuan umum penggunaan aplikasi doomo; (iii) syarat dan ketentuan khusus yang berlaku untuk masing-masing fitur layanan yang tersedia dalam aplikasi doomo; (iv) kebijakan privasi; dan (v) setiap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.